Khasiat Rumput Alang-Alang

Khasiat Rumput Alang-Alang

Alang-alang yang masih sejenis dengan rumput, dan dianggap gulma oleh petani, ternyata memliki khasiat sebagai obat juga. Alang-alang mudah kita jumpai di sawah sebab mereka mudah menyebar karena bantuan dari angin yang membawa benih dari Alang-alang. Bunganya berbentuk seperti lapisan kapas tipis yang jika kita tiup akan beterbangan.

Alang-alang bisa berkembang biak dengan cepat meskipun kondisi tanah sangat kering. Karena itu tidak heran jika Alang-alang sering dijumpai di lahan yang tidak terurus, lahan bekas hutan, atau di pingggiran jalan.

Alang-alang meskipun dianggap gulma, tapi rumput ini bisa berguna untuk menahan lahan dari terjadinya erosi, Kecepatan dalam berkembang dan kerapatan akar yang dimiliki Alang-alang, bisa menjadi pengikat tanah untuk mencegah kelongsoran.

Bagian Alang-alang yang bisa digunakan sebagai bahan obat adalah akarnya. Cukup dengan merebus akar dengan air, maka bisa digunakan meredakan beberapa penyakit seperti :

  • Peluruh Kencing
  • Demam
  • Darah Tinggi
  • Manfaat lainnya dari Alang-alang adalah dari daunnya yng digunakan sebagai bahan atap rumah, biasanya masih sering dijumpai di daerah Jawa dan Bali. Sedangkan bunganya bisa digunakan sebagai pengganti kapas pengisi bantal dan guling.