Pengertian Tanaman Obat Keluarga

Pengertian Tanaman Obat Keluarga

Tanaman obat keluarga atau yang biasa disebut dengan TOGA, adalah tanaman yang mempunyai faedah sebagai pengobatan penyakit. kenapa disebut dengan tanaman obat keluarga? Ini karena diambil dari kebiasaan sebuah keluarga, yang mempunyai pekarangan meskipun tidak terlalu luas, dan mereka menanami pekarangan tersebut dengan tanaman yang bisa digunakan sebagai media penyembuhan penyakit.

Pengobatan dengan tanaman atau secara herbal sekarang banyak diterapkan sebagai media penyembuhan pasien. Ada beberapa faktor kenapa masyarakat lebih cenderung menggunakan pengobatan secara herbal, menurut yang saya tahu :

Efek samping yang timbul akibat pemakaian obat dari tanaman, cenderung lebih ringan dibanding menggunakan obat-obatan modern. Meskipun takaran dari obat herbal tidak tepat.

Mudah didapatkan di sekitar lingkungan kita, karena kebanyakan tanaman obat sering kita jumpai di pekarangan rumah kita atau milik tetangga.

Harga yang relatif murah dibanding menggunakan obat modern. Hal ini tentu menjadi pertimbangan juga, karena bagi keluarga menengah kebawah akan sangat terbantu dengan TOGA.

Cara Menggunakan TOGA

Penggunaan tanaman toga adalah bagian dari tanaman yang digunakan sebagai obat. Mulai dari akar, batang, ranting, buah, maupun bijinya. Untuk mendapatkan hasil maksimal, ada beberapa faktor penting sebelum pengolahan TOGA :

Waktu Mengambil Bahan Tanaman :

Pengambilan bahan TOGA juga mempunyai waktu khusus agar bisa berkhasiat. Yang dimaksud bahan disini adalah seperti daun, umbi, bunga, buah, atau akar dari tanaman itu sendiri.

  • Bunga sebagai bahan obat, biasanya dipetik sebelum mekar atau ketika sudah mekar
  • Daun bisa dipetik ketika tanaman menghasilkan bunga dan belum mengeluarkan buah (jika tanaman berbuah)
  • Buah diambil saat usia sudah cukup matang
  • Akar dan rimpang bisa dikumpulkan ketika proses tumbuh tanaman sudah selesai
  • Biji bisa digunakan dari buah yang sudah masak
  • Ada beberapa bahan dari tanaman yang bisa langsung diolah, ada juga yang perlu dikeringkan dan dibersihkan. Pengeringan bahan bisa dilakukan dibawah sinar matahari setelah bahan dicuci bersih. Manfaat bahan dikeringkan supaya bisa lebih tahan lama. Karena dengan dikeringkan akan menghilangkan kadar air dalam bahan tanaman yang akan digunakan. Hasil dari pengeringan bisa kita simpan dalam toples yang tertutup rapat, untuk digunakan sewaktu-waktu.

    Pengelompokan Tanaman Obat

    Tanaman obat bisa dikategorikan dalam 5 bagian yang umum kita jumpai :

  • Tanaman sayuran yang menjadi bahan makanan, tapi mempunyai juga khasiat sebagai obat
  • Tanaman buah yang bisa dikonsumsi buahnya
  • Tanaman hias yang memiliki kelebihan dari segi keindahan
  • Tanaman rempah yang umumnya dijadikan bahan bumbu masak di dapur
  • Lain-lain, yaitu jenis yang tidak termasuk di dalam salah satu 4 kategori di atas
  • Semoga postingan mengenai pengertian TOGA ini bisa bermanfaat dan menambah ilmu kita dalam ranah pengobatan herbal. Sampai berjumpa kembali di postingan mengenai manfaat dari masing-masing tanaman obat di postingan berikutnya.